Kamis, 05 Juli 2018

Penyakit Gagal Jantung

Jantung merupakan organ tubuh kita yang terletak dibagian dada yang bersamaan dengan organ paru-paru dan yang lainnya. Selain itu juga jantung ini memiliki fungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Namun jika kita mengalami masalah terhadap jantung kita, maka akan mengganggu kelangsungan hidup kita ini. Permasalahan yang sering muncul adalah serangan jantung dan gagal jantung, hal ini merupakan penyakit yang sangat berbahaya.


Penyakit gagal jantung merupakan dimana otot di dalam jantung mengalami lemah dan mengakibatkan kurangnya pasokan oksigen ke seluruh tubuh. Akan tetapi jika masalah ini sudah kronis maka akan berkembang dan akan lama. Hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan kita, oleh sebab itu kita perlu melakukan tindakan yang tepat dengan berobat ke rumah sakit terdekat.

Penyebab Penyakit Gagal Jantung

Secara umum seseorang yang mengalami penyakit gagal jantung ini memiliki gejala yangsangat mudah kita kenali yaitu, akan mengalami sesak napas, mudah mengalami kelelahan, serta mengalami pembengkakan di kaki. Oleh sebab itu kita harus mengetahui penyebab dari masalah ini dengan baik agar tidak salah dalam melakukan pengobatan. yaitu :
  • Penyakit jantung bawaan sejak kecil
  • Pengaruh dari penyakit hipertensi
  • Akibat adanya penyakit anemia
  • Mengalami kerusakan terhadap katup jantung
  • Serta mengalami radang otot jantung.

Nah yang diatas merupakan beberapa penyebab utama terjadinya penyakit gagal jantung ini. Maka dari itu untuk lebih jelasnya lagi anda dapat langsung melakukan konsul dengan tim dokter agar penyebabnya dapat diketahui dengan jelas.

Cara Mencegah Penyakit Gagal Jantung  
 
Selain akan menimbulkan efek yang sangat berbahaya bagi tubuh kita, penyakit ini juga kerap sekali mengakibatkan korban jiwa. Maka alangkah baiknya kita melakukan pencegahan terlebih dahulu. Pepatah juga mengatakan " mencegah itu lebih baik dari pada mengobati" Nah dengan adanya hal itu, berikut ini merupakan beberapa cara mencegah penyakit gagal ginjal ini dengan baik yaitu:
  • Dengan memperbanyak mengonsumsi makanan yang sehat

Cara ini merupakan cara yang sangat efektif untuk melakukan cara pencegahan terhindar dari beberapa penyakit yang berbahaya lainnya. Termasuk juga dengan penyakit gagal jantung, dengan lebih banyak mengonsumsi makanan yang memiliki serat. Seperti dengan gandum, sayur bayam, buah-buahan, ikan, daging. Selain itu juga kita disarankan menghindari  penggunaan garam terlalu banyak, karena akan dengan mudah mengalami penyakit gagal jantung. Namun perlu anda ketahui makanan yang harus kita hindari adalah daging kambing, kerang, kuning telur, serta udang.

  • Dengan menjaga berat badan

Kelebihan berat badan merupakan penyebab utama terjadinya penyakit gagal jantung ini dengan mudahnya, sehingga seseorang yang mempunyai berat badan yang berlebihan akan sangat beresiko terkena dengan penyakit gagal jantung. Oleh sebab itu kita disarankan melakukan penurunan berat badan dengan cara rajin berolahraga serta mengatur pola makan anda.

  • Berhenti merokok

Rokok merupakan penyebab jantung kita ini mengalami berbagai macam gangguan. Selain itu juga perlu kita takuti dari bahayanya rokok adalah dapat merusak organ yang ada didalam tubuh kita dengan perlahan. Seseorang yang tidak merokok juga akan dengan mudah mengalami penyakit ini dengan mudah apabila terus menerus terhisap asap rokok tersebut. Maka dari itu demi kesehatan tubuh kita ini berhentilah menghisap rokok ini.

  •  Dengan melakukan berolahraga dengan teratur

Selain dapat menurunkan berat badan, dengan berolahraga juga akan mencegah kita dalam penyakit jantung ini dengan baik. Hal ini sangat bagus untuk kinerja jantung kita, olahraga yang disarankan bagi penyakit jantung adalah berjalan kaki atau bersepeda. Oleh karena itu untuk anda yang memiliki penyakit jantung ini diusahakan mencobanya cara seperti itu.
 
  •  Menhindari makanan yang mengandung lemak

Dan cara terakhir mencegah penyakit gagal jantung ini adalah dengan menghindari makanan yang berlemak. Makanan berlemak merupakan hal yang akan dengan mudahnya tubuh kita ini mengalami penyakit diabetes, perlu anda ketahui bahwa penyakit ini juga dapat muncul akbibat dari diabetes. Oleh karena itu mulailah beralih dengan menggunakan pola makan yang sehat.
Berikut hal yang diatas merupakan cara mencegah penyakit gagal jantung. Oleh karena itu dengan adanya artikel ini semoga dapat membantu anda mengetahui dengan penyakit gagal jantung.
 Baca Juga :  Cara Untuk Mengatasi Penyakit Hernia Secara Alami Dan Cepat


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar