Selasa, 24 Juli 2018

Penyakit Difteri

Apakah anda tahu apa itu penyakit difteri ini? dan apakah penyebabnya? Jika anda belum mengatahuinya anda tidak usah bingung, di dalam artikel ini saya akan membuat penjelasan mengenai penyakit ini dengan tuntas. Maka dari itu ikuti terus artikel yang saya buat ini untuk mendapatkan pengetahuan dari penyakit difteri tersebut. Untuk lebih jelasnya ada di bawah ini. 


Lantas apakah penyakit difteri itu? Penyakit difteri ini merupakan Kondisi dimana sesuatu yang terjadi akibat dari adanya infeksi bakteri yang sering yang sangat mempengaruhi membran mukosa di tenggoran dan hidung. Tentu dengan adanya hal ini membuat tubuh kita ini mengalami rasa ketidak nyamanan yang sangat mengganggu. 

Teruntuk penyakit ini memang sejak dahulu juga banyak orang yang mengalami penyakit ini. Kebanyakan yang mengalami penyakit ini tidak mengalami vaksin difteri di dalam tubuh. Dengan mudahnya tubuh kita ini akan terserang oleh bakteri dan virus yang mengakibatakan penyakit difteri ini. Lalu dengan lebih parahnya lagi jika tidak melakukan penanganan yang cepat, maka akan mengakibatkan kematian.

Penyebab Penyakit Difteri

Perihal terjadinya penyakit ini lebih sangat beresiko melalui kontak langsung dengan hal yang mengandung bakteri. Misalnya menggunakan barang bersamaan dengan orang yang terinfeksi oleh penyakit difteri tersebut. Memang untuk orang yang mengalami infeksi bakteri ini umumnya mengalami kondisi sehat saja seperti biasanya, akan tetapi kondisi tersebut mampu menularkan penyakit difteri ini dengan 6 minggu lamanya. Maka dengan adanya hal ini berikut penyebab penyakit difteri yang harus anda ketahui yaitu:

  • Faktor lingkungan 

Memang memiliki kondisi lingkungan yang sehat akan terciptanya suasana yang besih dan terhindar dari berbagai penyakit yang sangat berbahaya. Namun akan berbanding terbalik jika kita sangat kurang baik dalam menjaga lingkungan, terutama salah satu hal yang paling berbahaya adalah akan menjadi sarang bakteri dan kuman yang mengakibatkan penyakit yang berbahaya.

  • Mengalami penyakit Hiv

Pasti anda sudah mengenal dengan baik penyakit yang berbahaya satu ini, ya penyakit hiv. Memang bagi kita penyakit ini sangat amat menakutkan dan tak hanya itu banyak sekali nyawa yang melayang karena penyakit ini. Dan lebih mengkhawatirkannya lagi untuk saat ini tidak ada vaksin yang khusus untuk mengatasi penyakit Hiv tersebut. Maka dari itulah mulai dari sekarang beralih menggunakan gaya hidup yang sehat, agar terhindar dari penyakit yang berbahaya tersebut. 
  • Sanitasi yang buruk

Dan penyebab penyakit difteri yang selanjutnya ini adalah sanitasi yang buruk. Untuk sanitasi ini jangan anggap sepele, karena jika sanitasi yang buruk maka akan timbul dengan mudahnya penyakit yang sangat berbahaya menimpa tubuh kita.  Terutama penyakit difteri dan diare, akan sangat beresiko sekali mengalami penyakit ini jika kondisi sanitasi anda buruk.

  • Terlalu banyak makan-makanan yang pedas

Makanan yang mengandung pedas memang banyak sekali orang yang menyukainya, hal inilah menjadikan lahan usaha yang sangat menjanjikan untuk membuka rumah makan yang bernuansa pedas. Namun perlu kita perhatikan bahwa terlalu banyak memakan makanan yang pedas ini akan dengan cepat mengalami sakit perut. Tidak hanya itu saja seseorang juga akan sangat beresiko tinggi mengalami penyakit difteri. Berhentilah mengonsumsi makanan yang pedas agar tubuh anda sehat.

  • Makanan yang berminyak

Dan untuk penyebab penyakit difteri yang terakhir adalah makanan yang berminyak. Termasuk dengan gorengan. Gorengan ini adalah makanan yang mengandung minyak yang tinggi, sehingga jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan dengan mudahnya mengalami berbagai macam gangguan masalah kesehatan. Termasuk juga dengan mengalami dengan penyakit difteri ini, oleh sebab itu jika anda sangat takut dengan penyakit ini maka berhentilah mengonsumsi gorengan tersebut.

Cara Mencegah Penyakit Difteri

Setelah kita memahami tentang penyebab penyakit difteri ini, selanjutnya kita akan mengupas tentang cara mencegah penyakit ini dengan mudah dan efektif. Melakukan pencegahan memang lebih baik dari pada mengobati, oleh sebab itu kita wajib mencegah penyeakit ini sebelum menyebar luas dan semakin parah. Berikut adalah penyebab dari penyakit difteri ini yaitu:
  • Melakukan imunisasi yang lengkap dan terbaru

Cara mencegah penyakit difteri yang pertama adalah dengan melakukan imunisasi difteri. Memang hal ini sangatlah penting untuk kita terhindar dari penyakit yang berbahaya ini. Karena kekebalan tubuh yang lemah ini akan sangat rentan mengalami dengan berbagai macam penyakit yang menyerang tubuh kita. Dengan melakukan hal ini bertujuan untuk memberikan atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita ini dengan baik. 
  • Menghindari seseorang yang mengalami infeksi penyakit difteri

Cara ini memang sangat mudah dan baik untuk di lakukan bagi seseorang yang mengalami penyakit difteri ini. Bukan artika kita ingin memusuhi orang yang terkena dengan penyekit ini, namun hal ini demi kebaikan masing-masing. Hal ini sangat baik untuk mengurangi jumlah orang yang mengalami dengan penyakit yang berbahaya ini.
  •  Melakukan gaya hidup yang sehat

Gaya hidup yang sehat merupakan hal yang wajib di terapkan oleh kita ataupun siapa saja. Hal ini sangat baik untuk kita untuk kelangsungan hidup kita. Terutama dengan ampuhnya mencegah berbagai penyakit yang akan menimpa kita, termasuk juga dengan penyakit difteri. Memang penyebab dari penyakit ini di akibatkan karena gaya hidup yang tidak sehat.
  • Menjaga kebersihan lingkungan 

Memang jika kita melihat lingkungan yang kotor dan berbau. Seringkali kita akan dengan langsung tidak ingin melihatnya dan bahkan untuk berlama-lama ditempat itu pun sangatlah tidak mungkin. Maka dari itu memang sangat penting sekali untuk mengkampanyekan kebersihan lingkungan ini di tengah masyarakat.  Selain bertujuan untuk mengatasi kuman dan bekteri yang menempel dilingkungan kita, dengan menjaga kebersihan juga sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit difteri.
  • Menjaga pola makanan

Memang pola makan yang salah sering sekali menimbulkan masalah gangguan kesehatan yang serius. Nah, dengan adanya hal itu kurangilah makanan yang menurut anda yang kurang baik untuk tubuh kita ini. Dan perbanyaklah asupan  buah-buahan dan sayuran untuk tubuh kita ini menjadi sehat dan memiliki kekebalan tubuh yang baik.
Itulah beberapa cara mencegah penyakit difteri ini yang perlu kita ketahui dengan baik. Dengan adanya artikel ini semoga bermanfaat dan mampu mengurangi orang yang menderita penyakit difteri ini dengan baik.

Baca Juga : Cara Mengobati Penyakit Jantung Koroner Dengan Menggunakan Tanaman Alami




Tidak ada komentar:

Posting Komentar