Kamis, 19 April 2018

Penyakit Kanker Kronis

 Penyakit  Kanker Kronis
Kanker merupakan penyakit yang terjadi oleh tidak teraturnya perjalanan hormon yang dapat berakibat tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal yang dikenal dengan nama tumor ganas. selain itu juga, gejala ini sering disebut sebagai neoplasma ganas dan sering kali memiliki tanda dengan kelainan siklus sel lhas yang menimbulkan kiemampuan untuk sebagai berikut :
  • Tumbuh tidak terkendali ( terbelahnya sel melebihi batas rata-rata)
  • Menyerang jaringan biologis terdekatnya.
  • Berpindah ke jaringan tubuh yang lain melalui srkulasi darah .
 Penyakit  Kanker Kronis

Faktor ini lah yang membedakan kanker dari tumor jinak. penyakit tersebut dikalangan masyarakat sering dikenal sebagai tumor, namun hal tersebut tidak semuanya tumor. tumor adalah suatu bejolan yang tidak normal dan terbagi menjadi beberapa bagian ,yaitu tumor jinak dan tumor ganas. penyakit ini dapat menyerang siapa saja, anak kecil maupun yang sudah lansia. gejala umumnya ialah penderita tidak akan merasakan keluhan atau rasa sakit,jika sudah ada keluhan dan rasa sakit ini biasanya penyakit tersebut sudah lanjut.

Ada beberapa gejala yang perlu diperhatikan dan harus berkonsultasi lebih lanjut ke dokter untuk lebih memastikanya lagi bahwa kanker tersebut ada atau tidaknya kanker tersebut yaitu :
  • Terjadinya gangguan kebiasaan pada waktu buang air besar dan kecil.
  • Susah menelan makanan dan mengalami masalah pada pencernaan
  • Mengalami batuk tang tak kunjung sembuh.
  • Terdapat beberapa benjolan dibagian tubuh (tumor)
  • Memiliki luka atau borok yang tak kunjung sembuh.
Kebanyakan kanker dapat menyebabkan kematian,menurut who pada tahun 2015, kurang lebih 8,8 juta penduduk yang meninggal karena penyakit kanker, data ini menyebutkan bahwa penyakit ini sudah menjadi penyakit yang mematikan ke 6 didunia yang sangat berpengaruh terhadap penduduk dunia. dengan demikian, 30-50% dari penyakit ini dapat dicegah yaitu, salah satunya ialah memberikan informasi tentang kanker tersebut dan dukungan untuk menerapkan gaya hidup sehat.  kanker juga memiliki banyak sekali jenisnya yaitu sebagai berikut:

1. Kanker Otak

Kanker otak merupakan biologis baru yang tumbuh didalam rongga kranial,yang disebut juga sebagai tumor intrakranial. posisi insiden ada diberbagi sel otak termasuk,syaraf otak, menigeeal otak,tulang kepala,kelenjar pitutari dan metastase dari organ lainya sebagai metastasis tumor otak.

2. Kanker  Mulut
 
Kanker merupakan kanker yang tumbuh dan berkembang dibagian mulut. misalnya pada bibir, lidah gusi, dinding mulut. dan kanker ini dapat menyebar secara langsung terhadap jaringan-jaringan disekitar mulut atau melalaui kelenjar getah bening.
 

3. Kanker Darah

Kanker darah yaitu kanker yang mempengaruhi produksi dan fungsi sel darah,kanker darah juga adalah kanker yang merang sel darah putih,sel darah putih merupakan sel darah yang berfungsi melindungi tubuh terhadap benda asing atau penyakit tersebut.

4 .Kanker  Payudara.

Kanker payudara  merupakan kondisi sel kanker yang terbentuk dijaringan payudara.kanker ini juga terbentuk di kelenjar yang menghasilkan susu atau disalurkan yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara. 

5 . Kanker Serviks 

Kanker serviks merupakan kanker yang terjadi ketika ada sel telur di Rahim yang tidak normal, dan berkembang dengan sangat tidak terkontrol.

6. Kanker  Paru-Paru

Kanker paru-paru yaitu ketika kondisi sel jaringan diparu - paru tumbuh dengan sangat cepat, yang menyebabkan tumor terbentuk.kanker paru-paru ini juga dapat menyebabkan ketidakmampuan tubuh dalam fungsi, menyebabkan kualitas hidup yang buruk.

7. Kanker  Kullit

Kanker kulit merupakan tumbuhnya sel - sel pada kulit pada taraf abnormal, sehingga kanker kulit merupakan jenis kanker yang paling mudah ditemukan gejalanya pada stadium awal, maka dari itu kanker ini juga adalah kanker yang paling sedikit resiko kematian pada penderitanya.karena kulit tidak mencapai organ - organ vital seperti jantung, paru-paru, ginjal,hingga otak manusia.

8. Kanker Usus

Kanker usus merupakan sejenis kanker yang dapat menyerang usus besar atau bagian terakhir dari sistem pencernaan manusia. meskipun penyakit ini bisa terjadi pada segala usia, namun 90% penyakit tersebut banyak dialami oleh manula/lansia.

9. Kanker Rahim

Kanker rahim yaitu jenis kanker yang menyerang sistem reproduksi wanita,umumnya kanker ini muncul dengan menyerang sel-sel yang membentuk dinding rahim atau kanker ini juga dapat menyerang otot - otot disekitar rahim sehingga membentuk sarkoma uteri ,namun hal ini jarang terjadi.

10. kanker Prostat
Kanker prostat ialah kanker yang berkembang dibagian prostat, yaitu sebuah kelenjar dalam sistem reproduksi pria.hal ini terjadi ketika prostat mengalami mutasi serta berkembang diluar kendali. sel tersebut dapat menyebar secara metastasis dari prostat ke bagian tubuh lainya. kanker protat juga dapat menyebabkan rasa sakit atau kesulitan saat buang air kecil.

11. Kanker Ginjal
Kanker ginjal merupakan kanker yang menyerang organ ginjal,setiap seseorang memiliki 2 ginjal yang berfungsi menyaring kotoran salam darah dan membuangnya melalui urine.

12. Kanker Hati
Kanker hati merupakan tumor utama yang tumbuh dibagian hati  dan disebabkan bukan oleh penyebaran dari organ lain dalam tubuh, kanker ini terjadi di sel hati, yang merupakan organ bagian kanan atas perut dibawah diafragma.

13. Kanker  Testis

Kanker testis yaitu kondisi dimana terjadinya ketika sel- sel pada testis tumbuh secara tidak terkendali, kanker ini juga merupakan kanker yang langka dan sering menyerang pria pada usia 15- 49 tahun.

14. Kanker Lambung

Kanker lambung merupakan kanker yang menggerogoti bagian lambung, yaitu organ yang terletak dibagian tengah rongga perut manusia, penyakit ini juga dapat menyerang siapa saja, meski yang banyak mengidapnya ialah pada usia lanjut.

15. Kanker  Pankreas 

Kanker pankreas merupakan sebuah penyakit yang terjadi oleh tumbuhnya tumor didalam pankreas, pankreas ini yaitu kelenjar besar yang merupakan bagian dari sistem pencernaan dan memiliki panjang sekitar 15 cm.

Faktor Penyebab Terjadinya Kanker Kronis 

Penyebab kanker biasanya terjadi tidak dapat diketaui secara pasti karena penyebab kanker merupakan kumpulan beberapa faktor genetik dan lingkungan. maka dari itu ada beberapa faktor yang memicu terjadinya kanker yaitu diantaranya sebagai berikut:

1.Faktor Keturunan 

Faktor ini menyebabkan beberapa keluarga, yang memiliki tingkat resiko mengidap kanker lebih besar karena cenderung berbeda dengan keluarga yang lain.kanker yang sering diturunkan nya pun beragam seperti kanker payudara, kanker indung telur,kanker kulit, dan kanker usus besar.
 

2.Faktor  Lingkungan

Ada beberapa hal diantara nya yaitu adalah merokok, hal tersebut merupakan pemicu utama kanker yaitu seperti, kanker paru-paru, kanker mulut, laring (pita suara), dan kandungan kemih. selain itu ada juga sinar Ultraviolet dari sinar matahari.
 

3. Virus

Faktor inik merupakan faktor utama yang paling menimbulkan terjadinya kanker, dan ada beberapa virus yang dapat menimbulkan kanker yaitu virus papilloma, virus ini merupakan penyebab terjadinya kanker leher rahim pada kaum wanita dan masih banyak lagi virus lainya.
 

4. Terjadinya Infeksi

Faktor ini merupakan faktor yang sangat memicu terjadinya berbagai kanker.  maka dari itu kita harus menjaga kesehatan kita.
 

5.Faktor  Prilaku

Faktor ini yang kita bahas adalah faktor dimana kita terlalu sering mengonsumsinya seperti merokok dan banyak memakan-makanan yang berlemak serta minum - minuman yang beralkohol.
 

6. Faktor Kejiwaan  Atau  Emosional

Beban pikiran yang tinggi dapat menyebabkan gangguan keseimbangan seluruh tubuh, dimana keadaan yang tegang secara terus menerus dan dapat memengaruhi sel menjadi ganas sehingga menjadi kanker.
 

7. Gangguan  Hormon

Apabila terjadi gangguan pada kinerja dan fungsi dari sistem tersebut akan berakibat lain yaitu akan tumbuhnya berbagai macam kanker yang berbahaya bagi tubuh.

8. Radikal Bebas

Radikal bebas merupakan suatu atom yang memiliki beberapa sumber-sumber yaitu diantaranya:

  • Radikal bebas ini terbentuk sebagai produk sampingan dari suatu proses metabolisme.
  • Radikal bebas masuk kedalam tubuh melalui bentuk racun-racun kimiawi dari makanan, minuman, polusi udara, serta paparan sinar ultraviolet dari matahari. 
Oleh karena itu kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya sekali dan banyak orang yang meninggal dikarenakan penyakit tersebut.maka dari itu banyak semua orang yang khawatir dan takut terhadap penyakit tersebut, dengan demikian perbanyaklah makan-makanan yang sehat, seperti buah-buahan dan beralih dengan gaya hidup yang sehat, serta hindarilah minuman beralkohol dan rokok. semoga bermanfaat apa yang telah saya sampaikan sekian, terima kasih.
Baca juga :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar